Manulife Asuransi Pendidikan Anak

Manulife Asuransi Pendidikan Anak Terbaik di IndonesiaTabungan asuransi pendidikan manulife indonesia 5

Mungkin Anda pernah bertanya pada Anak :

Kalau Besar Mau Jadi Apa?

Tapi apa Anda pernah bertanya pada diri sendiri :

Apa Yang Saya Siapkan Untuk Sekolah Anak Saya?

Ini adalah kenyataan, sangat banyak orangtua di Indonesia yang belum mempersiapkan dana pendidikan anak, atau mempersiapkan dengan cara yang tidak tepat. Padahal kita pasti menempatkan pendidikan anak sebagai salah satu prioritas perencanaan keuangan keluarga. Hal ini karena kita selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi pendidikan anak kita. Sementara disisi lain, inflasi biaya pendidikan merupakan salah satu yang tertinggi, bisa mencapai 15% hingga 25% pertahun. Sementara instrumen investasi tradisional tidak mampu memberikan imbal hasil sepadan, contoh deposito maksimal memberikan bunga hanya 6% pertahun. Nah lho, ga ngejar dong ya kalau nabung cara konvensional.

Tabungan asuransi pendidikan manulife indonesia 13

Solusi terbaik saat ini adalah dengan menggunakan asuransi pendidikan anak. Diantara semua program asuransi pendidikan yang ada di Indonesia, saya berani katakan bahwa StudyLink Manulife adalah asuransi pendidikan anak terbaik di Indonesia. Ini karena Manulife menyediakan program khusus untuk pendidikan anak yang sangat menguntungkan bagi para orangtua, yaitu StudyLink. Hal ini bukan semata karena saya adalah agen Manulife, namun karena Manulife memiliki beberapa kelebihan yang membuat Anda mendapat manfaat lebih. Berikut ini catatan saya tentang Manulife dan khususnya Studylink:

  • Manulife adalah perusahaan internasional yang sudah berdiri sejak 1887, berpusat di Kanada, telah ada di 21 negara termasuk Indonesia. Total aset lebih dari USD 574 milyar. Perusahaan yang sangat kuat.
  • Manulife Indonesia berdiri sejak 1985, memiliki lebih dari 1,9 juta polis aktif, dengan dana kelolaan sebesar Rp 44,7 Trilyun. Sangat banyak nasabah aktif di Indonesia.
  • Manulife Indonesia memiliki RBC : 369% – standar aturan minimal 200% (dalam artian bila terjadi masalah keuangan, Manulife bisa mengembalikan hingga 369% dari klaim yang mungkin terjadi).  Manulife sangat aman.
  • Manulife mengelola dana investasinya sendiri dan selalu mencetak profit tinggi, sehingga tidak ada biaya akuisisi tambahan seperti asuransi lain. Biaya administrasi lebih kecil
  • Manulife memiliki program asuransi pendidikan yang secara spesifik didesain untuk mengoptimalisasi investasi pendidikan, yaitu StudyLink. (selain ada juga program ProGraduate yang hanya membantu untuk biaya kuliah)
  • Manulife memberikan peluang Anda melakukan tambahan investasi pada program StudyLink yang diberi nama Saving Up. Saving Up ini akan 100% dimasukkan dalam pengembangan investasi Anda tanpa ada potongan apapun. Sehingga Anda berkesempatan memaksimalkan investasi Anda.
  • Manulife dapat dibayar bulanan, kuartalan, semesteran ataupun tahunan sesuai dengan perencanaan keuangan Anda.
  • Yang TERPENTING. Manulife StudyLink memberikan paket pembebasan premi jika kondisi tak diinginkan terhadap pencari nafkah terjadi yang menjamin pendidikan anak tetap berlanjut (maaf – cacat atau meninggal). Tabungan Anda diteruskan oleh Manulife, anak pasti tetap sekolah sesuai rencana
  • Ada dana terjadwal saat anak masuk SD (6th), SMP (12th), SMU (15th), Kuliah (18-23 th), dana cair berdasarkan persentase dari nilai polis yang terbentuk.
  • Ada proteksi jiwa untuk si Ayah atau Bunda selaku Tertanggung/Pemegang Polis. Jika Tertanggung mengalami resiko meninggal maka Uang Pertanggungan cair.
  • Bonus Loyalitas, sebesar 20% dari Premi Dasar akan di top up ke nilai polis nasabah, jika nasabah tidak melakukan penarikan (Withdrawal) selama 10 Tahun pertama dan setiap 5tahun berikutnya. Penarikan ini diluar dana terjadwal.
  • Manfaat akhir kontrak, jika nasabah hidup hingga usia 75 tahun,  maka nasabah akan mendapatkan manfaat akhir polis sebesar nilai polis (jika ada)
  • Aplikasi Anda akan langsung disetujui tanpa perlu evaluasi, tes atau apapun dalam proses yang singkat. Bahkan cukup via online dengan bantuan saya tanpa perlu tatap muka dan menghabiskan waktu bertemu (bila diperlukan diskusi tatap muka, saya sangat senang untuk membantu).

Gambaran list kelebihan di atas adalah fakta yang membuat asuransi pendidikan anak terbaik di Indonesia adalah di Manulife. Tak perlu ragu, masa depan anak Anda akan terjamin dengan menyisihkan sebagian kecil pendapatan Anda untuk masa depan si buah hati tercinta hanya di Manulife Studylink.

Nah, Apakah Kita sudah Siapkan Dana Pendidikan Untuk Buah Hati Kita?

Bila belum mempersiapkan atau Dana Pendidikan yang kita siapkan belum memenuhi kebutuhan kita, yuk mulai persiapkan sedari sekarang. Apakah masih ragu untuk mulai menabung sekarang? Jadi kapan baiknya mulai menabung dana pendidikan anak? Kemarin, saat Anda dinyatakan mengandung. Eh sudah lewat mungkin ya? Hehe. Ya lakukan sekarang dong, jangan tunda lagi

MULAI MENABUNG SEKARANG atau KITA SEMAKIN TERLAMBAT 

 

Silakan baca terus ke bawah (scroll ke bawah) untuk membaca lebih detail tentang proteksi investasi Pendidikan Anak khususnya program Manulife Studylink, saya akan menjabarkan tentang :

  • Cara Menyiapkan Pendidikan Anak
  • Mengapa Harus Memilih Study Link Manulife?
  • Apa Itu StudyLink Manulife?
  • Cara Kerja StudyLink, Ketentuan, Kelebihan dan Kekurangannya

 

 Tabungan asuransi pendidikan manulife indonesia 9


Cara Menyiapkan Pendidikan Anak

Ada beberapa tahap yang perlu kita ketahui dalam menyiapkan dana pendidikan anak. Secara ringkas tahapannya adalah sebagai berikut :

  1. Menentukan sekolah anak
  2. Mengetahui biaya sekolah saat ini dan nanti
  3. Menentukan instrumen dan nilai investasi
  4. Perlindungan terhadap investasi

Kita bahas bertahap dan terutama akan berpanjang lebar pada instrumen dan bentuk investasi

Menentukan Sekolah Anak

Penentuan rencana sekolah adalah langkah menentukan TUJUAN dari persiapan pendidikan anak. Setelah menentukan tujuan, kita bisa menentukan langkah lebih lanjut untuk rencana selanjutnya. Hal ini bisa dirumuskan bersama antara kedua orangtua dengan mempertimbangkan kualitas sekolah, kemampuan anak, kemampuan pembiayaan dan lain-lain.

Tabungan asuransi pendidikan manulife indonesia 10

Mewujudkan mimpi mereka adalah tugas kita

Mengetahui Biaya Sekolah Saat Ini Dan Nanti

Setelah mengetahui rencana sekolah, kita bisa mencari info kebutuhan biaya saat ini pada sekolah tersebut dengan mengunjungi, melihat web atau bertelepon ke sekolah. Perlu kita tahu uang pangkal, biaya bulanan, seragam, buku, dan biaya sekolah lainnya. Hal ini akan menjadi acuan untuk nilai yang perlu kita siapkan untuk sekolah anak kita nanti. Hal ini tidaklah mudah dan seringkali membuat pusing, Untuk mempermudah, kita bisa menggunakan data perkiraan untuk level sekolah berkualitas berikut sebagai acuan awal (biaya sebenarnya bisa sangat berbeda). Biaya SD = Rp24.000.000, Biaya SMP = Rp17.500.000, Biaya SMA = Rp21.000.000, Biaya Program S1 = Rp111.600.000.

Namun seperti yang diawal saya jelaskan, ada faktor inflasi yang sangat besar pada biaya sekolah (15-25% pertahun) yang menyebabkan biaya di atas akan bertambah pada saatnya dibutuhkan, kita menyebutnya Future Value (nilai masa depan). Kita bisa menggunakan kalkulator sederhana di bawah sebagai alat bantu menghitung perkiraankebutuhan biaya di masa depan.

Cara menggunakan kalkulator di bawah adalah :

  1. Masukkan biaya/nilai uang saat ini di baris pertama
  2. Masukkan perkiraan inflasi tahunan untuk pendidikan pada baris kedua
  3. Masukkan durasi tahun pada baris ketiga
  4. Klik tombol “Calculate”
  5. Akan tampil perhitungan biaya dalam bahasa inggris dan $ (dollar), abaikan dan lihat nilai angkanya saja
  6. Klik tombol “back” untuk menghitung perhitungan lainnya

Dengan menggunakan kalkulator dan perkiraan biaya pendidikan di atas, dengan perkiraan inflasi 15% pertahun, saya membuat ilustrasi untuk Bapak Wahyu yang memiliki anak bernama Arkan yang berusia 1 tahun.

Kebutuhan dana saat SD (usia 7 tahun – 6 tahun kemudian) = Rp 55,513,458.38

Kebutuhan dana saat SMP (usia 13 tahun – 12 tahun kemudian) = Rp 93,629,376.85

Kebutuhan dana saat SMA (usia 16 tahun – 15 tahun kemudian) = Rp 170,878,294.21

Kebutuhan dana saat Program S1 (usia 19 tahun – 18 tahun kemudian) = Rp 1,381,100,622.35

Di atas adalah ilustrasi gambaran kebutuhan biaya di masa depan untuk masing-masing jenjang pendidikan berdasarkan perkiraan biaya awal. Ini hanya ilustrasi, kebutuhan setiap orang berbeda dan sangat mungkin kebutuhan biaya Anda lebih rendah atau lebih tinggi. Silakan Anda membuat versi Anda sendiri sesuai kondisi anak dan rencana Anda. Namun poin utama yang perlu ditangkap adalah biaya di masa depan sangat jauh lebih tinggi dari biaya saat ini. Untuk itu kita memerlukan persiapan dana yang cukup matang untuk memastikan bahwa putra putri kita tercinta tercukupi kebutuhan pendidikannya di masa depan. Paling utama, dimulai SEKARANG JUGA, semakin Anda tunda, semakin besar nilai tabungan berkala yang perlu Anda sisihkan.

Menentukan instrumen dan nilai investasi

Tabungan asuransi pendidikan manulife indonesia 18Pekerjaan rumah berikutnya yang paling penting adalah merencanakan instrumen investasi apa yang dapat membantu kita memastikan agar rencana pendidikan anak yang kita buat dapat terwujud dengan baik. Secara umum ada beberapa instrumen yang digunakan kebanyakan orang, yaitu : Tabungan Pendidikan, Emas, Properti, Saham, Reksadana, dan Asuransi Pendidikan.

Beberapa catatan yang perlu dipertimbangkan untuk menilai ketepatan instrumen investasi adalah :

  • Pertumbuhan investasi harus minimal mendekati nilai inflasi yang minimal 15%
  • Mudah dimiliki dan dapat dibeli secara bertahap
  • Memiliki perlindungan/proteksi bila kondisi tak diinginkan terhadap pencari nafkah terjadi yang menjamin pendidikan anak tetap berlanjut (maaf – cacat atau meninggal)
  • Kemudahan pencairan dana bila dibutuhkan

Dengan pertimbangan di atas, dibawah ini review singkat saya terhadap instrumen investasi yang ada:

  • Tabungan Pendidikan : Pertumbuhan 4-6% pertahun, Mudah dibeli, Ada proteksi, Mudah dicairkan namun bila diluar jadwal ada pinalti
  • Emas : Pertumbuhan 5-25% pertahun, Mudah dibeli namun penyimpanan yang aman perlu biaya, Tak ada proteksi, Mudah dicairkan
  • Properti : Pertumbuhan 5-25% pertahun, Sulit dibeli karena perlu dana besar di awal, Tak ada proteksi, Sulit dicairkan
  • Saham : Pertumbuhan 5-25% pertahun, Mudah dibeli namun perlu keahlian khusus, Tak ada proteksi, Mudah dicairkan
  • Reksadana : Pertumbuhan 5-20% pertahun. Mudah dibeli, Tak ada proteksi,Mudah dicairkan
  • Asuransi Pendidikan Manulife : Pertumbuhan 5-25% pertahun. Mudah dibeli, Ada proteksi, Mudah dicairkan

Di atas adalah review pribadi saya, dan dari itu saya menyarankan menggunakan Asuransi Pendidikan sebagai instrumen terbaik untuk memastikan pendidikan anak kita terjamin. Asuransi pendidikan memberikan nilai positif untuk keempat pertimbangan di atas.

Diluar penjelasan di atas, saya perlu menekankan beberapa hal yang perlu diingat tentang Asuransi Pendidikan, tanpa berusaha menutupi hal penting yang perlu Anda tahu :

  • Asuransi Pendidikan mengambil sebagian tabungan Anda untuk digunakan sebagai biaya proteksi perlindungan bila kondisi tak diinginkan terhadap pencari nafkah terjadi. Hal ini menyebabkan pengembangan di awal investasi 1-5 tahun awal masih lambat
  • Karena hal di atas, Asuransi pendidikan tidak dianjurkan bila digunakan untuk rencana investasi di bawah 6 tahun.
  • Asuransi pendidikan akan memberikan tampilan ilustrasi perolehan investasi. Ilustrasi ini berdasarkan kinerja pengembangan tahun-tahun lalu. Sangat mungkin kinerja di tahun mendatang berubah menjadi lebih baik atau lebih buruk. Beberapa perusahaan asuransi memberikan ilustrasi yang “berlebihan” dengan menampilkan prosentase pengembangan polis sangat tinggi mencapai 15%-20% sehingga dana proyeksi kita terlihat akan sangat besar pengembangannya. Namun ada potensi High Risk High Return yang perlu dihadapi klien dan pada kenyataannya dalam perjalanan pengembangan dana nilai 15-20% konsisten hampir tidak mungkin terjadi . Manulife menekankan untuk memberikan prosentase yang realistis dengan nilai maksimal tertinggi 14%, walau aktual kinerja masa lalu sering lebih dari 20%.
  • Asuransi pendidikan menempatkan pengembangan dana pada instrumen Reksadana. Dan Reksadana ini sangat beragam fiturnya, dan beragam nilai pengembangan investasinya. Semakin besar peluang pengembangan, semakin besar resikonya. Karenanya Anda perlu mempertimbangkan apakah Anda ingin mengambil investasi perpendapatan besar dengan resiko besar, atau berpendapatan menengah dengan resiko menengah, berpendapatan rendah dengan resiko rendah. Anda perlu menentukan hal ini untuk menjamin keberlangsungan investasi Anda sesuai dengan harapan. Nanti agen asuransi akan menawarkan sesuai dengan profil resiko yang Anda pilih. Apapun reksadan yang Anda pilih, nilai penghasilannya masih di atas nilai penghasilan deposito.

Selanjutnya saya share tentang cara menjaga agar rencana pendidikan anak Anda tetap berjalan sesuai rencana.

Perlindungan terhadap investasi

Tabungan asuransi pendidikan manulife indonesia 17Kita semua memahami bahwa investasi pendidikan anak itu penting, namun ada beberapa yang lupa bahwa menjaga agar investasi pendidikan anak agar tidak terganggu juga tidak kalah penting. Hal yang sering mengganggu investasi kita adalah hal-hal yang tidak terduga, berupa penyakit, kecelakaan, atau (maaf) pencari nafkah meninggal. Hal-hal tersebut bila terjadi (walau tak diinginkan namun kemungkinan terjadinya selalu ada) akan memerlukan dana yang tidak sedikit. Bila kita tidak memiliki dana cadangan untuk kondisi tersebut, yang sering terjadi adalah akhirnya kita menggunakan dana investasi yang salah satunya investasi pendidikan anak. Hal ini tentunya akan merugikan dan menghancurkan rencana keuangan kita.

Untuk itu sebelum membuat asuransi pendidikan, kita perlu membuat asuransi jiwa dan asuransi kesehatan yang mencukupi bagi kita dan keluarga yang memastikan investasi kita tak terganggu. Bila sudah memiliki asuransi tersebut dari kantor, silahkan di cek ulang apakah sudah mencukupi. Bila belum mencukupi, sebaiknya disiapkan. Anda bisa berdiskusi dengan saya untuk mencari asuransi/proteksi yang sesuai bagi keluarga Anda. Saya akan sampaikan yang paling sesuai dan efisien bagi Anda.

Alternatif lainnya adalah dengan menambahkan rider tambahan pada produk perencanaan pendidikan Studylink Anda, yang bisa menambahkan beberapa rider untuk perlindungan jiwa, cacat dan kesehatan. Namun sekali lagi karena produk ini berfokus utama pada investasi pendidikan, saya tidak menyarankan Anda mengandalkan rider ini. Lebih lengkap tentang rider yang ada akan dijelaskan menyusul.

 

Manulife studylink


Mengapa Harus Memilih Study Link Manulife?

Manulife Financial telah mempersiapkan produk yang secara khusus didesain untuk membantu keluarga Indonesia memastikan keberlangsungan pendidikan anak-anaknya. Desain khusus ini memastikan bahwa dalam kondisi apapun, (mohon maaf) bila orang tua meninggal atau cacat hingga tidak lagi mampu bekerja, anak kita akan terjamin kebutuhan keuangan pendidikannya sesuai rencana. Begitu juga dengan imbal investasi yang ditawarkan mampu memberikan hasil yang sepadan dengan pertumbuhan biaya pendidikan

Secara khusus produk dimaksud adalah Prograduate (asuransi murni/tradisional), Studylink (asuransi unitlink), dan Manulife value protector Absolute + rider Payor Benefit plus + rider Waiver Premium 65 (asuransi unitlink). Saya sudah melakukan review pribadi dan dengan pertimbangan manfaat yang jauh lebih besar dan spesifik khusus menguntungkan bagi kita yang merencanakan Pendidikan anak, maka saya sangat menyarankan penggunaan program Studylink dibandingkan dengan program Pendidikan lainnya. Karenanya dalam penjelasan selanjutnya ke bawah, saya akan lebih menekankan penggunaan program Studylink untuk perencanaan Pendidikan anak kita.

 

Tabungan asuransi pendidikan manulife indonesia 11Diantara semua asuransi pendidikan yang ada, saya menyarankan untuk menggunakan asuransi pendidikan Manulife. Hal ini bukan semata karena saya adalah agen Manulife, namun karena Manulife memiliki beberapa kelebihan yang membuat Anda mendapat manfaat lebih :

  • Manulife adalah perusahaan internasional yang sudah berdiri sejak 1887, berpusat di Kanada, telah ada di 21 negara termasuk Indonesia. Total aset lebih dari USD 574 milyar
  • Manulife Indonesia berdiri sejak 1985, memiliki lebih dari 1,9 juta polis aktif, dengan dana kelolaan sebesar Rp 44,7 Trilyun.
  • Manulife Indonesia memiliki RBC : 369% – standar aturan minimal 200% (dalam artian bila terjadi masalah keuangan, Manulife bisa mengembalikan hingga 369% dari klaim yang mungkin terjadi) sehingga Manulife sangat aman.
  • Manulife mengelola dana investasinya sendiri dan selalu mencetak profit tinggi, sehingga tidak ada biaya akuisisi tambahan seperti asuransi lain
  • Manulife memiliki program asuransi pendidikan yang secara spesifik didesain untuk mengoptimalisasi investasi pendidikan, yaitu StudyLink. (selain ada juga program ProGraduate yang hanya membantu untuk biaya kuliah)
  • Manulife memberikan peluang Anda melakukan tambahan investasi pada program StudyLink yang diberi nama Saving Up. Saving Up ini akan 100% dimasukkan dalam pengembangan investasi Anda tanpa ada potongan apapun. Sehingga Anda berkesempatan memaksimalkan investasi Anda.
  • Manulife dapat dibayar bulanan, kuartalan, semesteran ataupun tahunan sesuai dengan perencanaan keuangan Anda.
  • Yang TERPENTING. Manulife StudyLink memberikan paket pembebasan premi jika kondisi tak diinginkan terhadap pencari nafkah terjadi yang menjamin pendidikan anak tetap berlanjut (maaf – cacat atau meninggal).

Dengan gambaran di atas, semoga Anda mendapat gambaran untuk lebih yakin memilik Asuransi Pendidikan Manulife sebagai solusi kebutuhan dana pendidikan anak Anda.

Sekarang Anda telah mendapat gambaran tentang pentingnya memilih Asuransi Pendidikan Manulife khususnya program StudyLink, sekarang saatnya  mengenal lebih jauh tentang StudyLink.

Apa Itu StudyLink?

StudyLink merupakan program asuransi dengan fitur investasi bagi Anda yang menginginkan persiapan dana pendidikan anak. StudyLink akan memenuhi kebutuhan Anda melalui pengambilan dana terjadwal yang dimulai pada saat buah hati Anda berusia 6 sampai 23 tahun.

StudyLink juga dilengkapi dengan fitur-fitur berinvestasi yang memudahkan Anda dalam mengembangkan dana investasi dan tersedia dalam 2 pilihan plan, yaitu Crystal dan Diamond. Selain asuransi pendidikan anak, StudyLink juga dapat dilengkapi dengan program Asuransi Tambahan sesuai dengan kebutuhan perlindungan yang Anda inginkan.

Pilihan Plan StudyLink :

1.    Plan Crystal

Premi Dasar Rp 4.000.000 – Rp 25.000.000 pertahun (kelipatan Rp 1 juta) dan dapat menambah program Asuransi Tambahan(Rider) perlindungan terhadap jiwa dan Cacat Total Tetap dan sebagian yang diakibatkan oleh kecelakaan, Accidental Death and Disability Benefit (ADDB).

2.    Plan Diamond

Premi Dasar Rp 26.000.000 atau lebih pertahun (kelipatan Rp 1 juta) dan dapat menambah program Asuransi Tambahan(Rider) berupa: Accidental Death and Disability Benefit (ADDB) untuk perlindungan terhadap jiwa dan cacat tetap total dan sebagian yang diakibatkan oleh kecelakaan,Manulife Medicare Plus (MMP) untuk penggantian biaya rawat inap, atau HealthSafe (HS) untuk penggantian biaya rawat jalan.

Anda dapat memperluas Manfaat Pertanggungan pada StudyLink dengan menambahkan beberapa pilihan Asuransi Tambahan (Rider) antara lain :

  • Accidental Death and Disability Benefit (ADDB)
    Merupakan Program perlindungan tambahan yang memberikan Manfaat berupa santunan meninggal dunia atau menderita cacat tetap sebagian atau total karena kecelakaan, bersifat tahunan yang dapat diperbarui tanpa seleksi risiko ulang hingga berusia 70 tahun.
  • Manulife Medicare Plus (MMP) atau HealthSafe (HS)
    Program perlindungan tambahan yang memberikan Manfaat berupa penggantian biaya rumah sakit (inpatient) yang disebabkan karena penyakit  maupun kecelakaan dengan Premi yang terjangkau

 

Tabungan asuransi pendidikan manulife indonesia 19


Cara Kerja StudyLink, Ketentuan, Kelebihan dan Kekurangannya

Di Asuransi Pendidikan Manulife terdiri dari 2 item yaitu :

1. PREMI DASAR, Dana di premi dasar ini dialokasikan untuk beberapa biaya, yaitu :

  • Biaya Pemeliharaan Polis, Persentase Biaya yang dikenakan atas Premi Dasar yaitu : Tahun Polis ke-1 = 70%, ke-2 = 65%, ke-3 = 55%, ke-4 = 45%, ke-5 = 0%, artinya 5 th pertama ada persentase dari premi dasar ini yang dialokasikan untuk biaya Pemeliharaan Polis. di luar itu, alokasi preminya untuk investasi.
  • Biaya Pertanggungan, biaya ini dibebankan setiap bulan dari nilai polis nya. Besarnya berdasarkan usia, jenis kelamin, dan uang pertanggungan dasar. Artinya semakin tinggi usia, semakin besar biaya untuk proteksi jiwa si Tertanggung (pemberi nafkah)
  • Biaya Administrasi (Bulanan), biaya ini dikenakan Rp. 30.000 setiap bulannya, dan dipotong dari nilai polisnya ya.
  • Biaya Pengelolaan Dana (per Tahun), persentase dari dana investasi kelolaan. contoh : alokasi di Manulife Dana Ekuitas, biaya pengelolaannya sebesar 2,50%

Maka dari itu kenapa sebelum th ke-5 nilai polis belum kembali maksimal, karna untuk mengcover biaya2 yang terjadi di awal investasi :) Artinya Asuransi menyiapkan perlindungan jiwanya terlebih dahulu, lalu ke investasinya. Namun kita tidak perlu khawatir dengan habisnya seluruh investasi kita untuk proteksi dan biaya-biaya awal, Asuransi Pendidikan Manulife mewajibkan Saving Up yang membantu mengoptimalkan nilai investasi kita.

2. SAVING UP adalah bagian premi yang kita bayar yang secara penuh dialokasikan sebagai investasi 100% tanpa ada potongan biaya awal untuk proteksi. Ada nilai minimal untuk saving up, namun kita juga diperbolehkan menambahkan lebih dari nilai minimal. Dengan keberadaan saving up ini, kita bisa secara total fokus mengembangkan investasi pendidikan anak tanpa takut dana yang kita tanamkan dipotong oleh biaya-biaya yang tidak kita inginkan. Namun perlu dicatat bahwa saving up tidak termasuk dalam paket pembebasan premi, sehingga bila tertanggung (maaf) meninggal dunia, premi dasar akan dibayarkan lanjut oleh Manulife sementara saving up berkala tetap dibayarkan oleh ahli waris.

 

Adapun Minimal premi di Asuransi Pendidikan Manulife adalah :

  • BULANAN –> Rp 900.000 (Premi Dasar = 400.000, Saving Up = Rp. 500.000)
  • QUARTAL –> Rp. 1.500.000 (Premi Dasar = 1 juta, Saving Up = Rp. 500.000)
  • SEMESTER –> Rp. 2.500.000 (Premi Dasar = 2 juta, Saving Up = Rp 500.000)
  • TAHUNAN –> Rp. 5.000.000 (Premi Dasar = 4 juta, Saving Up = Rp. 1 juta)

 

KEUNGGULAN Asuransi Pendidikan STUDYLINK : 

  • Ada dana terjadwal saat anak masuk SD (6th), SMP (12th), SMU (15th), Kuliah (18-23 th), dana cair berdasarkan persentase dari nilai polis yan terbentuk.
  • Ada proteksi jiwa untuk si Ayah atau Bunda selaku Tertanggung/Pemegang Polis. Jika Tertanggung mengalami resiko meninggal maka Uang Pertanggungan cair.
  • Ada paket pembebasan premi dasar jika terjadi resiko meninggal pada Tertanggung atau ketidak mampuan terhadap Tertanggung selaku orang tua Anak setelah 1 tahun polis.
  • Bonus Loyalitas, sebesar 20% dari Premi Dasar akan di top up ke nilai polis nasabah, jika nasabah tidak melakukan penarikan (Withdrawal) selama 10 Tahun pertama dan setiap 5tahun berikutnya. Penarikan ini diluar dana terjadwal.
  • Manfaat akhir kontrak, jika nasabah hidup hingga usia 75 tahun, ,maka nasabah akan mendapatkan manfaat akhir polis sebesar nilai polis (jika ada)
  • Manulife memberikan peluang Anda melakukan tambahan investasi pada program StudyLink yang diberi nama Saving Up. Saving Up ini akan 100% dimasukkan dalam pengembangan investasi Anda tanpa ada potongan apapun. Sehingga Anda berkesempatan memaksimalkan investasi Anda.
  • Manulife Studylink dapat dibayar bulanan, kuartalan, semesteran ataupun tahunan sesuai dengan perencanaan keuangan Anda.
  • Aplikasi Anda akan langsung disetujui tanpa perlu evaluasi, tes atau apapun
KEKURANGAN Asuransi Pendidikan STUDYLINK : 
  • Uang Pertanggungan yang didapat bila tertanggung/pemegang polis meninggal relatif kecil. Hal ini karena dana difokuskan pada pengembangan investasi
  • Bila melakukan penghentian pembayaran sesudah masa waktu tertentu, maka bonus loyalitas dihentikan.
  • Pertanggungan atas meninggalnya Tertanggung tidak berlaku apabila Tertanggung meninggal dikarenakan adanya Keadaan Yang Sudah Ada Sebelumnya, yaitu segala jenis Penyakit, Kondisi, Cedera atau ketidakmampuan, baik yang tanda atau gejalanya diketahui ataupun tidak oleh Tertanggung, diketahui oleh Penanggung, baik telah mendapatkan perawatan/pengobatan/saran/konsultasi dari Dokter ataupun tidak, baik telah didiagnosa ataupun tidak, sebelum Tanggal Penerbitan Polis atau tanggal diterbitkannya Addendum terakhir yang mengakibatkan dilakukannya seleksi risiko terkini, mana yang paling akhir, kecuali Pertanggungan sudah berlangsung lebih dari 24 (dua puluh empat) bulan dari Tanggal Penerbitan Polis atau tanggal diterbitkannya Adendum terakhir yang mengakibatkan dilakukannya seleksi
    risiko terkini, mana yang paling akhir.
  • Paket pembebasan premi hanya berlaku untuk Premi Dasar, sedangkan untuk Saving Up tidak ditanggung oleh Manulife. Ahli waris perlu melakukan tambahan saving up / top up sendiri untuk meningkatkan kinerja investasi pendidikan.
 Semoga Penjelasan ini bisa memberi gambaran awal bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi tentang asuransi Pendidikan Anak Manulife khususnya program StudyLink.